Lampu LED tenaga surya memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga keselamatan pengguna jalan terutama pada malam hari. Penerangan Jalan Umum (PJU) merupakan fasilitas penting yang wajib disediakan oleh pemerintah daerah sebagai bentuk pelayanan/kompensasi kepada masyarakat atas pajak penerangan jalan yang telah dibayarkan. 

Fungsi penting PJU

Tidak hanya memenuhi fungsi sebagai penerangan jalan semata, PJU menentukan lebih lanjut bagaimana sistem penerangan jalan pada suatu daerah di desain dan direncanakan. Fungsi utamanya adalah sebagai alat navigasi yang melindungi keselamatan pengguna jalan pada malam hari. Dengan sistem penerangan yang baik, badan jalan dapat terlihat dengan jelas sehingga pengendara dapat berkendara dengan aman dan nyaman. 

Sebagai alat navigasi pengguna jalan lampu PJU LED harus memiliki pencahayaan yang kuat, tidak silau, cahayanya rata serta memiliki warna cahaya yang tidak mengganggu maupun mempengaruhi warna objek benda yang ada di sekitar jalan. 

Karena juga memiliki fungsi untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan di malam hari, maka pemilihan jenis lampu yang digunakan harus memenuhi beberapa aspek seperti warna cahaya yang  bisa menembus kabut. Selain itu, Anda juga perlu menentukan batas minimal peredupan cahaya masih berada pada titik yang aman untuk pengguna jalan. 

Terakhir, lampu PJU LED juga memiliki fungsi untuk sebagai salah satu komponen keindahan lingkungan. Oleh karena itu kriteria yang lebih berfokus pada penampang visual dan keindahan juga perlu diperhatikan. Tidak ada salahnya membuat tiang lampu yang memiliki desain artistik, menggunakan kombinasi warna-warna yang menarik serta memiliki bentuk luminer menarik. 

Lampu PJU hemat energi

Karena menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, maka pembiayaan lampu jalan juga menjadi tanggung jawab pemda. Namun sayangnya, tidak sedikit pemerintah daerah yang merasa kesulitan untuk membayar operasional PJU setiap bulannya dengan tagihan membludak. Akibatnya, tidak jarang ditemukan adanya lampu PJU yang dipadamkan secara paksa karena pemda menunggak pembayaran kepada PLN. Hal ini tentu akan memberikan dampak yang cukup merugikan pada keselamatan pengguna jalan. 

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan jenis lampu hemat energi. Salah satu kota besar di Indonesia bahkan mampu menghemat hingga 300 miliar per tahun setelah mengganti seluruh lampu jalannya dengan lampu LED hemat energi. 

Dengan luminer cahaya yang kuat, lampu LED mengkonsumsi lebih sedikit energi listrik. Hal ini tentu memberikan dampak yang cukup menguntungkan kepada berkurangnya anggaran pembiayaan penerangan jalan yang harus dibayarkan pemda kepada PLN. Jika lampu dengan teknologi lainnya hanya mampu bertahan antara 1-2 tahun,  lampu LED dapat terus bertahan antara 8-10 tahun. Anggaran penggantian lampu pun menjadi tersunting. Untuk memiliki penerangan jalan hemat energi,  mulailah beralih menggunakan lampu PJU LED.