Atap merupakan sebuah elemen penting yang digunakan sebagai pelindung hunian dari cuaca panas dan hujan. Untuk pemasangan atap tentunya harus dipadukan dengan konstruksi rangka yang berfungsi sebagai penopangnya. Pada dasarnya, konstruksi rangka atap terdiri dari berbagai jenis seperti baja, kayu hingga baja ringan. Berbicara mengenai baja ringan memang material yang satu ini sedang menjadi primadona bagi para konsumen. Hal ini dikarenakan rangka kuda kuda baja ringan memiliki banyak sekali kelebihannya, terutama terletak pada bobotnya yang begitu ringan dan mudah untuk proses pemasangan rangka atapnya. Meskipun rangka baja ini memiliki bobot yang ringan, namun rangka ringan ini sangatlah kokoh sebagai penopang berbagai jenis atap yang akan digunakan. Nah, bagi Anda yang berencana memasang rangka kuda kuda baja ringan maka sebaiknya memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan menggunakan baja ringan.

Menyesuaikan Rangka Kuda Kuda Baja Ringan Dengan Model Atap

Pada dasarnya rangka baja ringan memang dapat dibentuk dengan menyesuaikan variasi model atap yang Anda inginkan. Meskipun begitu, pembentukan rangka baja ringan juga harus disesuaikan dengan beban yang akan ditumpunya. Oleh sebab itu, Anda harus bisa memastikan kekuatan rangka desain atap dari kuda-kuda baja ringan. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat jarak yang rapat antar baja ringan agar bisa menopang beban secara sempurna. Umumnya maksimal kerenggangan antar rangka baja yang baik ialah 150 cm. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan rangka baja ringan ini dengan jenis penutup atap yang digunakan. Hal ini penting diperhatikan sebab semakin berat bobot penutup atap yang digunakan maka semakin banyak pula rangka baja ringan yang harus Anda gunakan.

Mengecek Kualitas Rangka Kuda Kuda Baja Ringan

Umumnya kualitas dari baja ringan bisa dilihat dengan mudah dari nilai tegangan tarikannya. Biasanya rangka kuda kuda baja ringan yang kokoh sebagai penopang semua jenis atap ialah yang memiliki nilai tegangan tarikan mencapai 550 Mpa. Selain itu, untuk perhitungan kualitas rangka baja ringan juga harus memakai SAE grade untuk patokannya. Sebab rangka ringan dengan kualitas terbaik akan memiliki nilai SAE grade mencapai 980. Pada dasarnya, semakin kecil nilai tegangan pada rangka baja ringan maka menunjukkan jika tarikan baja ringan akan semakin rendah. Nah, hal ini tentunya sangat mempengaruhi kekuatan rangka kuda-kuda dalam menopang bebannya.

Rangka Kuda Kuda Baja Ringan Memiliki Dukungan Garansi

Hal penting yang wajib Anda perhatikan sebelum memiliki rangka kuda kuda baja ringan ialah dukungan garansi. Pada dasarnya, garansi rangka baja ringan tidak hanya berlaku untuk instalasi ataupun pemakaiannya saja, namun juga sangat diperlukan untuk menyatakan bahwa baja ringan tersebut telah diuji ketahanannya dan juga sesuai dengan tegangan tarikan yang terlampirkan.