Ada banyak orang yang memilih penggunaan besi baja h beam, sebagai salah satu bahan utama dalam pembangunan rumah maupun gedung perkantoran hingga gedung-gedung besar lainnya. Akan tetapi, sebenarnya apa sih alasan orang-orang lebih memilih besi baja h beam dibandingkan besi jenis lainnya? Ingin tahu jawabannya? Yuk perhatikan dengan seksama beberapa alasan pemilihan besi baja h beam, berikut ini.

Memiliki Bobot yang Ringan

Salah satu keunggulan serta alasan utama dari pemilihan besi baja h beam dalam konstruksi adalah bobotnya yang bisa dibilang sangat ringan. Jika biasanya komponen yang memiliki bobot ringan, juga memiliki ketahanan yang sangat ringkih ( rentan patah maupun rusak ) namun besi baja termasuk ke dalam pengecualian. Sebab meski memiliki bobot yang sangat ringan tapi kekuatan dan ketangguhan besi baja tak bisa diremehkan begitu saja. Hal ini dikarenakan besi baja memiliki tingkat kekuatan yang cukup tinggi. Apalagi bila kamu bisa memilih besi baja dengan kualitas terbaik. 

Ramah Terhadap Lingkungan

Selain memiliki bobot yang ringan dan kekuatan yang sangat baik, besi baja juga memiliki kemampuan yang jarang ditemukan oleh komponen konstruksi bangunan lainnya. Kemampuan itu adalah ramah terhadap lingkungan. Besi baja termasuk dalam kategori komponen konstruksi yang paling ramah terhadap lingkungan. Hal ini dikarenakan besi baja dapat dibongkar dari konstruksi lama dan dipasang kembali sebagai salah satu komponen untuk konstruksi baru. Sehingga besi baja bisa didaur ulang dan tidak menimbulkan sampah ataupun limbah konstruksi.

Memiliki Harga yang Lebih Terjangkau

Alasan yang cukup krusial dari pemilihan besi baja sebagai salah satu komponen utama sebuah konstruksi, tentunya berasal dari segi harga yang ditawarkan. Dari segi harga besi baja memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan komponen bangunan dengan fungsi sejenis. Bahkan seperti halnya yang telah dijelaskan sebelumnya, besi baja dapat dibongkar dan dipasang kembali. Tentunya ini akan membuat kamu bisa lebih hemat dalam biaya perbaikan bangunan, kelak.

Itulah ketiga alasan utama orang-orang lebih memilih menggunakan besi baja untuk komponen utama konstruksi bangunan. Lalu, bagaimana dengan kamu? Maukah kamu mencoba menggunakan besi baja, khususnya besi baja h beam sebagai salah satu komponen utama rumah kamu?