Dalam berbagai macam jenis usaha, keberadaan supplier merupakan satu hal yang penting dan mendasar. Karena supplier lah yang akan memasok bahan dasar untuk usaha anda. Begitu juga dengan supplier besi keberadaannya sangat penting bagi usaha-usaha atau bisnis yang bergerak dalam bidang besi. Karena supplier adalah salah satu penentu kelancarran usaha anda. Jika pasokan bahan baku dari supplier lancar, maka kegiatan produksi dari bisnis anda juga akan lancar. Namun begitu juga sebaliknya, jika supplier anda terlambat atau tidak bisa memasok bahan baku kepada anda maka kegiatan usaha anda juga akan terganggu. Berikut di bawah ini adalah beberapa macam kualitas besi yang bagus yang harus dipenuhi oleh supplier besi. 

Terdapat Label atau Cap SNI 

Ketika memilih supplier besi pastikan besi-besi yang mereka jual berstandar SNI. Untuk mengetahui besi tersebut berstandar SNI atau tidak maka hal yang paling mudah untuk membedakannya adalah dengan memastikan disana terdapat cap atau label atau tidak. Pada umumnya besi yang memiliki kualitas bagus maka akan terdapat cap atau label pada badannya. Biasanya cap yang ada pada badan besi tersebut menampilkan nama dari produsen besi tersebut, selain itu juga terdapat keterangan kapan besi dibuat, ukuran besi, panjang besi, berat besi dan lain sebagainya. Disamping itu biasanya label menggunakan warna permanen jadi tidak akan hilang serta dalam label juga akan terdapat nomor SNI. 

Warna Besi Sesuai Jenis 

Pada dasarnya warna setiap besi akan sama dengan jenis besi tersebut. Selain itu, label yang ada pada masing-masing jenis besi juga akan berbeda. Warna cap pada besi akan menyesuaikan kelas dari besi-besi tersebut. Misalnya untuk besi kelas BJTP 4 akan menggunakan cap yang berwarna hitam, besi BJPT 30 menggunakan warna biru dan lain sebagainya. 

Ukuran Besi 

Setiap ukuran besi harus menggunakan standar ukuran yang sesuai dengan kriteria SNI. Ukuran setiap besi harus sama dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Meskipun tidak bisa sama persis, namun jika ada perbedaan, selisihnya tidak boleh lebih dari 1 persen. Meskipun sudah ada standar nasional yang harus diikuti, masih ada banyak supplier atau produsen besi yang berbuat nakal atau curang. Oleh sebab itu jangan memilih supplier besi yang seperti ini karena tentu saja nanti akan berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen kepada anda. 

Harga 

Ketika anda sedang mencari supplier besi anda bisa mengenali besi yang mereka jual itu memiliki kualitas yang bagus atau tidak dari harga yang ditawarkan. Biasanya, besi yang dijual dengan harga mahal akan cenderung memiliki kualitas yang bagus pula. Meskipun harganya mahal, anda harus tetap memilih besi dengan kualitas yang bagus. Karena suatu produk akan bagus juga jika dibuat dengan bahan baku yang bagus pula. Dengan begitu konsumen-konsumen anda pasti akan tetap percaya kepada performa bisnis anda.