Di era saat ini, memang proses marketing bisa anda lakukan secara menyeluruh. Namun tidak hanya bisa mengandalkan marketing dalam dunia nyata, namun juga anda bisa mengandalkan digital marketing berupa chat e-commerce. Terutama adalah untuk perusahaan yang memang sedang proses memasarkan produk. Maka menggunakan strategi digital marketing bisa menjadi salah satu pendekatan yang sangat efektif dengan tujuan untuk meningkatkan omset dari perusahaan anda. 

Sebenarnya ada banyak sekali strategi digital yang bisa dilakukan untuk sebuah perusahaan. Dan salah satu cara yang saat ini paling banyak digunakan baik itu oleh startup berkembang dan perusahaan yang sudah besar adalah dengan chat e commerce, ini adalah salah satu cara terbaik yang digunakan dengan tujuan agar perusahaan atau penjual secara personal bisa berkomunikasi dengan calon konsumen. 

Apa Itu chat e commerce?

chat e commerce adalah salah satu model pemasaran yang memang semuanya dilakukan secara online. Dalam melaksanakan prosesnya, metode pemasaran yang digunakan menggunakan perangkat lunak tambahan dengan aplikasi chatting. Biasanya tersedia beberapa pilihan chatting yang sangat mungkin bisa anda gunakan, baik secara gratis ataupun secara berbayar. 

Dengan chat e commerce ini, maka perusahaan e commerce bisa melakukan komunikasi secara personal pada calon konsumennya. Dimana sebenarnya keberadaan pengelola chat e commerce ini menjadi salah satu pengganti tugas dari tenaga marketing di dunia nyata. Konsumen akan lebih mudah untuk bisa mendapatkan, informasi, saran, hingga masukan yang memang disesuaikan dengan produk yang sedang ditawarkan. 

Hasil Penelitian chat e commerce meningkatkan kepuasan konsumen

Salah satu cara marketing dalam chat e commerce ini sebenarnya memberikan pelayanan personal untuk konsumen mereka. Hal ini akhirnya berdampak langsung pada kepuasan konsumen. Ada banyak data hasil penelitian yang mengungkapkan hal tersebut. 

  • Temuan dalam penelitian Forrester Research mengatakan jika keberadaan orang yang bisa menjawab pertanyaan dari calon konsumen dengan menggunakan website memang tidak bisa digantikan. Dalam sebuah survei yang dilakukan sebagian besar dari responden mengaku jika keberadaan dari seseorang yang bisa menjawab semua pertanyaan dari konsumen dalam sebuah website menjadi sangat penting.
  • Hasil temuan lain juga dijelaskan dalam Econsultancy.com. Dalam penjelasannya mengatakan jika tingkat kepuasan pelanggan terhadap website yang menggunakan chat e commerce ini memang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan metode marketing yang menggunakan email atau telepon. 
  • Sedangkan data lainnya mengungkapkan jika sangat penting peran dari chat e commerce ini dalam hal melakukan transaksi online. Dari data yang mereka miliki, sebagian besar dari konsumen membutuhkan chat e commerce untuk bisa menyelesaikan proses pembelian mereka. Dan seorang konsumen bahkan bisa sangat mungkin membatalkan pesanan mereka ketika chat e commerce mereka tidak direspon lebih dari 5 menit. Apalagi jika mereka memiliki masalah saat akan akan melakukan pembelian.