Jual beli online erat kaitannya dengan multi channel ecommerce software. Aplikasi multi channel ecommerce telah memudahkan penjual dan pembeli untuk menemukan produk maupun jasa yang akan digunakan.Pada dasarnya ecommerce memiliki cakupan yang luas. Bukan hanya penjualan melalui marketplace saja. Berikut ini beberapa macam multi channel ecommerce.

Jenis-jenis Multi Channel Ecommerce

Selain mengetahui multi channel ecommerce software, Anda perlu mengenal jenis-jenis multi channel ecommerce itu sendiri. 

1. Business to Business (B2B)

Business to business atau B2B adalah jenis multi channel ecommerce yang melibatkan segala transaksi yang berkaitan dengan jas dan barang. Tidak terkecuali transaksi elektronik. Multi channel ecommerce ini seringkali dilakukan antar perusahaan, seperti penjual grosir dan lain sebagainya.

Business to business umumnya menggunakan Electronic Data Interchange (EDI) dan email untuk memberi informasi, melakukan konsultasi produk, hingga transaksi.

2. Business to Consumer (B2C)

Multi channel ecommerce jenis ini berkaitan erat dengan ritel secara online. Business to consumer pun semakin mudah berkat koneksi internet yang semakin lancar. Hal ini terbukti dengan maraknya website, toko, hingga mall di internet. Multi channel ecommerce ini berkaitan dengan transaksi antara bisnis dan pelanggan terakhir.

3. Consumer to Consumer (C2C)

Multi channel ecommerce software ini biasa diterapkan pada platform jual beli online. Dengan kata lain, jenis consumer to consumer memiliki kaitan erat dengan transaksi online antara barang dan jasa dengan pelanggan dengan bantuan pihak ketiga.

4. Consumer to Business 

Jenis multi channel ecommerce berikutnya adalah consumer to business atau C2B. Transaksi pada website jenis ini terjadi antara konsumen ke perusahaan. 

5. Business Administration (B2A)

Transaksi yang terjadi pada business administration adalah antara perusahaan dengan administrasi publik. Cakupan dalam multi channel ecommerce ini terbilang beragam, mulai dari layanan pemerintahan, dokumen hukum, pengurusan pajak jaminan sosial, dan lain-lain.

Multi channel ecommerce software dapat diterapkan sesuai dengan jenis usaha yang Anda geluti. Untuk layanan jasa, penggunaan software multi channel ecommerce sangat berguna untuk membantu jasa yang Anda tawarkan semakin dikenal oleh masyarakat.