Dana deposito yang dijamin LPS akan dikembalikan pada Anda yang berhak untuk mendapatkan ganti dana jika Anda memang dinyatakan berhak mendapatkan penggantian dana oleh LPS ini. Akan tetapi untuk Anda yang ingin melakukan klaim ini, pastikan Anda mengetahui beberapa hal penting terkait dengan klaim penggantian tabungan deposito ini. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

Klaim Maksimal 2 Milyar 

Hal pertama yang harus Anda ketahui ketika Anda akan melakukan klaim pada dana deposito Anda yang ada di sebuah bank yang mengalami likuidasi adalah mengenai nominal yang akan Anda dapatkan. Jumlah dana yang akan Anda dapatkan jika Anda akan melakukan klaim pada dana deposito Anda maksimal hanyalah Rp 2 Milyar. Jika tabungan deposito yang Anda miliki lebih dari dana tersebut, maka LPS hanya akan mengganti sebanyak Rp 2 Milyar saja. Nah, sisanya nanti akan dilihat berdasarkan hasil likuidasi kekayaan bank. Jika bank memiliki nilai likuiditas yang cukup, maka Anda bisa mendapatkan sisa uang Anda. 

Klaim Maksimal 5 Tahun dari Pencabutan Izin Bank 

Selanjutnya, jika Anda miliki dana deposito yang dijamin LPS, hal lain yang harus diperhatikan adalah mengenai tenggang waktu klaim uang yang Anda miliki. Jika bank tempat Anda membuat tabungan deposito ini mengalami pencabutan hak untuk beroperasi, maka Anda tetap bisa mengajukan klaim pengembalian pinjaman dengan tenggat waktu 5 tahun. Jika jangka waktu lebih dari 5 tahun, maka pengajuan pengembalian pinjaman Anda tidak akan diproses. 

Penerima ditentukan oleh LPS 

Hal lain yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah mengenai apakah Anda berhak mendapatkan klaim dana ini. Ketika Anda akan melakukan klaim untuk dana simpanan Anda, maka pada dasarnya pihak LPS-lah yang akan menentukan apakah Anda berhak atau tidak mendapatkan pengembalian tabungan Anda. Penentuan ini dilakukan dengan banyak penilaian. Nah, jika Anda merasa Anda memiliki hak untuk mendapatkan pengembalian ini tapi oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) Anda dinilai tidak berhak, maka Anda bisa mengajukan gugatan untuk mendapatkan uang penggantian ini. 

Demikian ulasan mengenai hal yang harus Anda tahu mengenai penggantian dana deposito yang dijamin LPS. Semoga informasi ini bermanfaat.