Di tempat jual waffle maker, sekalipun ada banyak jenis waffle maker yang dapat Anda pilih dan gunakan. Namun jarang di antaranya yang memberikan informasi terkait cara membersihkan dan merawat waffle maker tersebut. Karena itulah bagi Anda yang membutuhkan informasi tersebut, ada baiknya jika Anda perhatikan penjelasan singkat berikut ini. 

Hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan

Dalam proses merawat dan membersihkan waffle maker ada beberapa hal yang tidak boleh atau sebaiknya tidak Anda lakukan. Karena jika dilakukan hal tersebut dapat merusak waffle maker dengan mudah. 

  • Pertama yang sebaiknya tidak Anda lakukan tersebut adalah membersihkan waffle maker ketika berada dalam kondisi panas. Karena selain dapat merusak waffle maker, Anda sebagai pihak yang membersihkannya pun tidak ingin mengambil resiko untuk membuat tangan Anda melepuh bukan? Untuk itu hindari membersihkan di saat panas. 
  • Hindari memasukkan seluruh bagian mesin waffle maker ke dalam air. Karena meskipun ada bagian yang dapat dicuci dengan air. Namun beberapa bagian lainnya yang mengandung kabel listrik sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam air karena akan mengakibatkan adanya kerusakan. 
  • Bagian paling akhir yang tidak boleh dilakukan adalah menggunakan benda tajam untuk membersihkannya. Banyak diantaranya para pengguna yang merasa kesal dengan kerak yang menempel pada bagian wajan, sehingga mengeriknya dengan menggunakan pisau, sendok atau bahkan garpu. Padahal jika hal tersebut dilakukan, maka lapisan anti lengketnya pun akan ikut terkikis pula. 

Cara membersihkan bagian dalam waffle maker 

Ada beberapa langkah yang dapat digunakan untuk membersihkan bagian dalam dari waffle maker, seperti halnya : 

  • Hilangkan adonan yang masih menempel pada wajan dengan menggunakan spatula karet atau sikat lembut. 
  • Apabila adonan yang mengerak sulit untuk dibersihkan, maka tuang minyak sayur pada adonan tersebut hingga ia berubah menjadi lunak. Setelah itu, barulah Anda dapat melepas dan membersihkannya dengan mudah. 
  • Untuk membersihkan bagian permukaan wajan, Anda dapat menggunakan tisu yang telah dicelupkan pada sabun terlebih dahulu. 
  • Setelah itu, lap kembali bagian permukaan tersebut dengan menggunakan lap atau tisu yang telah dicelup dengan air bersih. Dengan demikian sabun yang menempel dapat dihilangkan dengan cepat. 
  • Setelah dipastikan bersih dari sabun, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengelapnya kembali dengan menggunakan lap atau tisu kering. Lakukan hal ini hingga bagian permukaan wajan benar-benar bersih, sehingga ia dapat disimpan atau digunakan kembali. 

Cara membersihkan bagian luar waffle maker

Selain bagian dalam dari waffle maker, pastikan pula untuk membersihkan bagian luarnya. Jika bagian luar terasa berminyak, maka Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan lap atau tisu yang telah diberi sabun terlebih dahulu. Setelah itu barulah dilap kembali dengan lap atau tisu yang telah dicelupkan pada air agar dapat menghilangkan sabun dengan mudah. 

Jika beberapa langkah di bagian atas tadi telah dilakukan, Anda tinggal mengeringkannya dengan menggunakan tisu kering. Lakukan hal ini hingga waffle maker yang Anda beli di tempat jual waffle maker benar-benar bersih.