Saat ini ada cukup banyak alat tes ovulasi yang ada di pasaran. Mengingat desainnya yang beragam, cara menggunakan tes ovulasi tersebut juga cenderung beragam. Yang akan diulas berikut ini adalah alat tes ovulasi, yang bentuknya seperti test pack. Alat yang satu ini mudah Anda temukan di apotik terdekat.

1.       Cek waktu subur

Hal pertama yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah, cek kapan waktu subur Anda. Untuk Anda yang mempunyai periode menstruasi normal, maka Anda dapat menghitungnya dengan mudah.

Tapi ada cara yang paling mudah untuk menghitung masa subur, yaitu dengan menghitung waktu menstruasi. Tepatnya 10 hari setelah menstruasi berakhir. Itu adalah waktu terbaik untuk menggunakan alat tes kesuburan.  

2.       Baca aturan pakai

Sebelum menggunakan alat tes ovulasi, sebaiknya baca cara pakai tes ovulasi tersebut. Khusus untuk alat tes dengan bentuk test pack, maka cara penggunaannya kurang lebih sama dengan alat tes kehamilan. Untuk pengetesan sendiri, dapat dilakukan pada sore atau bahkan malam hari.

Adapun informasi hasil positif ini sendiri cukup beragam, namun intinya hasilnya terdapat 2 garis. Baik itu yang membentuk 2 garis secara horizontal, atau 2 garis yang membentuk tanda “+”.

Sebaliknya, jika hasilnya negatif, maka alat hannya akan menunjukkan 1 buah garis, yang biasanya berbentuk 1 buah garis secara horizontal.  

3.       Cara menggunakan

Anda dapat mencelupkannya ke dalam urine, dan tunggu hingga beberapa saat. Jika hasilnya positif, maka itu artinya Anda sedang dalam masa subur. Waktu subur biasanya berlangsung 4 hingga 7 hari.

Sedangkan jika hasilnya negatif, maka Anda dapat terus mencarinya, hingga hasilnya positif. Melakukan hubungan intim pada masa subur, tentunya memperbesar peluang kehamilan terjadi.  

Yang perlu Anda perhatikan, apakah hubungan intim yang dilakukan sebelumnya sudah membuahkan hasil, atau telah terjadi pembuahan. Sebaiknya tunggu kabar tersebut 7 hari, setelah melakukan hubungan intim. Jika terjadi pembuahan, kembali alat akan memberikan informasi positif. Sebaiknya jika informasi yang diberikan negatif, maka Anda dapat mencobanya di waktu berikutnya. Demikian informasi tentang cara pakai tes ovulasi, semoga bermanfaat untuk Anda.